Knowledge Engine terkait dengan sistem yang mengintegrasikan Kemampuan Strategi dengan Kemampuan Operasi melalui optimasi pengelolaan knowledge dalam proses belajar dan proses eksekusi yang tepat guna dalam meningkatkan kinerja sebuah organisasi secara berkesinambungan.
Dalam era ekonomi terkini, kecepatan dan knowledge menjadi salah satu kunci sukses utama, karena knowledge yang menyatu dalam produk dan layanan serta proses bisnis akan mendorong apa yang bisa kita buat dan sediakan untuk pelanggan. Saat ini pelanggan memiliki cara yang baru dalam melakukan eksplorasi produk dan layanan yang mereka inginkan. Organisasi harus melakukan desain ulang untuk memudahkan integrasi aliran knowledge ini.
Knowledge Management (KM) yang menghasilkan inovasi proses dan produk harus diintegrasikan dengan proses bisnis sebagai area bersama dalam menghasilkan peningkatan kualitas produk dan layanan, efektivitas waktu dan biaya. Penerapan Knowledge Engine yang sesuai dengan lingkungan bisnis internal dan eksternal inilah yang menjamin tercapainya kinerja untuk mampu bertahan, tumbuh dan berkesinambungan di era informasi dan knowledge yang kompetitif saat ini.
Beberapa kondisi bisnis saat ini yang mendorong implementasi knowledge engine adalah perkembangan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin luas. Beberapa cirinya adalah hubungan personal dan bisnis di dalam dan luar negeri semakin dekat (flat) dan cepat tanpa bisa dihalangi. Apa yang terjadi di suatu tempat saat ini juga dapat diketahui di belahan bumi lainnya. Kita semakin terkoneksi satu sama lain. Komunitas juga tumbuh dengan pesat yang menumbuhkan branding dan marketing serta daya tekan baru bagi produsen untuk menyediakan personalisasi produk dan layanan yang sesuai dengan selera hingga tingkat personal. Akhirnya harga sebuah produk dan layanan akan bergerak sangat dinamis yang membutuhkan pengelolaan secara tepat guna untuk menghasilkan nilai tambah yang kompetitif dalam memenangkan persaingan.
Tulisan dalam blog sederhana ini akan mengupas aspek penting dalam penerapan knowledge engine dan referensi yang dapat dibaca untuk memperkaya dan menjadi panduan praktis bagi pembaca. Mudah mudahan tulisan kecil ini bisa berkontribusi dalam peningkatan kompetensi pengelolaan proses bisnis dan knowledge terutama dunia pendidikan, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan lembaga sosial, sebagai salah satu diantara banyak driver perubahan bangsa.
Referensi Umum :
Dalam era ekonomi terkini, kecepatan dan knowledge menjadi salah satu kunci sukses utama, karena knowledge yang menyatu dalam produk dan layanan serta proses bisnis akan mendorong apa yang bisa kita buat dan sediakan untuk pelanggan. Saat ini pelanggan memiliki cara yang baru dalam melakukan eksplorasi produk dan layanan yang mereka inginkan. Organisasi harus melakukan desain ulang untuk memudahkan integrasi aliran knowledge ini.
Knowledge Management (KM) yang menghasilkan inovasi proses dan produk harus diintegrasikan dengan proses bisnis sebagai area bersama dalam menghasilkan peningkatan kualitas produk dan layanan, efektivitas waktu dan biaya. Penerapan Knowledge Engine yang sesuai dengan lingkungan bisnis internal dan eksternal inilah yang menjamin tercapainya kinerja untuk mampu bertahan, tumbuh dan berkesinambungan di era informasi dan knowledge yang kompetitif saat ini.
Beberapa kondisi bisnis saat ini yang mendorong implementasi knowledge engine adalah perkembangan dan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang semakin luas. Beberapa cirinya adalah hubungan personal dan bisnis di dalam dan luar negeri semakin dekat (flat) dan cepat tanpa bisa dihalangi. Apa yang terjadi di suatu tempat saat ini juga dapat diketahui di belahan bumi lainnya. Kita semakin terkoneksi satu sama lain. Komunitas juga tumbuh dengan pesat yang menumbuhkan branding dan marketing serta daya tekan baru bagi produsen untuk menyediakan personalisasi produk dan layanan yang sesuai dengan selera hingga tingkat personal. Akhirnya harga sebuah produk dan layanan akan bergerak sangat dinamis yang membutuhkan pengelolaan secara tepat guna untuk menghasilkan nilai tambah yang kompetitif dalam memenangkan persaingan.
Tulisan dalam blog sederhana ini akan mengupas aspek penting dalam penerapan knowledge engine dan referensi yang dapat dibaca untuk memperkaya dan menjadi panduan praktis bagi pembaca. Mudah mudahan tulisan kecil ini bisa berkontribusi dalam peningkatan kompetensi pengelolaan proses bisnis dan knowledge terutama dunia pendidikan, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan lembaga sosial, sebagai salah satu diantara banyak driver perubahan bangsa.
Referensi Umum :
- Knowledge Engine dalam Corporate University Indocorpu
- Knowledge Engine and eTOM
- Google Book The Knowledge Engine Model Baird Henderson
- Meningkatkan Performa berbasis Knowledge Engine, Sabar Prasetyo Tesis UI
- PDF Knowledge and Performance by Knoco Ltd
- PDF Pengaruh Tacit dan Expicit Knowledge terhadap kinerja, Sulisthio-Yulianus
- PDF Pengaruh KM, Skill dan Attitude terhadap kinerja, Yunita,Victor,Greis
- PDF Pengaruh KM terhadap kinerja, Natalia Kosasih, Sri Budiani
- PDF Pengaruh praktek KM terhadap kinerja organisasi, Normala Dewi Anggraini
Referensi Driver Knowledge Engine : Personalization
- PDF Personalisasi dalam strategi pemasaran, Chr. Whidya Utami
- Ferrari Taylor Made Jadi Personalisasi Pemiliknya.
- Dominasi Belanja Konsumen, Generasi Millennial Mulai Disebut
- 7 Keinginan Pelanggan yang WAJIB Diketahui Pengusaha
- Agar Maju, Bisnis Batik Perlu Lakukan Personalisasi
- How To Leverage The Power Of Personalization In Your Business
- The Power of Personalization, Conversioan with the industry leaders
- The Power of Personalization, using three tactics
- A Special Message for You: The Power of Personalized Marketing
- PDF The Power of Personalizing the Customer Experience, SAS
- Kekuatan Komunitas Dalam Pemasaran Dan Branding
- Bagaimana Media Sosial Mengambil Peran dalam Komunitas Bisnis Indonesia?
- Seberapa Penting Nilai Komunitas bagi Sebuah Startup atau Bisnis Lainnya?
- 5 Peran Strategis Komunitas Bisnis dalam Dunia Usaha
- Mengapa Perlu Membangun Komunitas Pelanggan?
- Mengenal 3 Jenis Komunitas Pelanggan
- 7 Steps to Put Your Customer Community to Work for Your Business
- 5 Reasons to Boost CRM with a Customer Community
- The Power Of Community In Marketing
- PDF Customer Collaboration and Virtual Communities
- Dinamika persaingan dan dinamika harga
- Faktor-faktor yang mempengaruhi harga produk, Cute Mother's Blog
- Dynamic Pricing by Wiki
- PDF Optimasi Dynamic Pricing Menggunakan Metode Algoritma, Rifanda-Wiwik
- Strategi Fungsional dan Pilihan Strategis, Risky Mahira
:thumbup
ReplyDelete